Sunday, August 23, 2015

Gubernur Resmikan 3 Masjid di Dataran Tinggi Gayo

Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, menandatangani prasasti peresmian tiga masjid di Dataran Tinggi Gayo, sumbangan dari PNS di lingkungan Pemerintah Aceh. Peresmian berlangsung di halaman Masjid Baitul Marhamah, Kampung Bahgie, Aceh Tengah, Sabtu (22/8). 



TAKENGON - Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, Sabtu (22/8), meresmikan penggunaan tiga masjid di Dataran Tinggi Gayo. Ketiga masjid itu dibangun dari sumbangan PNS di lingkungan Pemerintah Aceh, yang terkumpul pascagempa 6.2 skala richteryang melanda tanah Gayo, Juli 2013 silam.

Peresmian secara simbolik dilakukan di halaman Masjid Baitul Marhamah di Kampung Bahgie, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Sedangkan dua masjid bantuan lainnya adalah Masjid Al-Muslim, Dedingin Kute Panang, Aceh Tengah, dan Masjid Al Hidayah di kampong Cekal, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah Menurut Gubernur yang akrab disapa Abu Doto ini, masjid-masjid tersebut memiliki desain yang baik dan moderen.

Dia berharap, keindahan dan kemegahan masjid dibarengi dengan banyaknya jamaah yang memakmurkannya. “Jadikan masjid sebagai episentrum embersihkan hati dan jiwa, dan tegakkan shalat berjamaah setiapwaktu,” kata Gubernur Zaini, diawal sambutan singkatnya.

Gubernur juga mengajak masyarakat agar menjadikan masjid sebagai media center untuk menyebarkan semangat hidup damai di Aceh. “Melalui masjid, bersama segenap elemen umat, kita rapat dan satukan saf, untuk segera mewujudkan masa depan Aceh yang lebih baik lagi,” ajaknya. Dia menjelaskan, dana pembangunan ketiga Masjid tersebut berasal dari sumbangan para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh.

Total dana yang terhimpun sebesar Rp 1.119.365.000. Ada juga dana sumbangan dari Yayasan Dana Gotong Royong Jakarta sejumlah Rp 116 juta. Selain itu, Pemerintah Aceh melalui Dinas Cipta Karya, sejak tahun 2014 sampai dengan 2015 juga telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan ketiga masjid tersebut, dengan total anggaran sebesar Rp 4,6 miliar. Pembangunan ketiga masjid itu sudah dimulai sejak bulan oktober tahun 2013 lalu, dan saat ini semuanya telah rampung dibangun dan siap digunakan. Bupati Aceh Tengah, Ir Nasharuddin, mengucapkan terimakasih kepada gubernur dan jajaran PNS Pemerintah Aceh yang telah emberikan sumbangan untuk pembangunan kembali masjid yang rusak dua tahun lalu itu.

“Atas nama masyarakat Aceh Tengah, kami mengaturkan terimakasih banyak, semoga Allah membalas amalan baik tersebut,” ujarnya. Doto Zaini bersama rombongan tiba di Kota Dingin Gayo sekitar pukul 17.10 WIB. Minggu (23/8) hari ini, Gubernur diagendakan menutup lomba Pacuan Kuda dan kegiatan Expo Ternak Aceh ke-VI yang berlangsung di Lapangan Belang Bebangka, Pegasing, Aceh Tengah.

No comments:

Post a Comment